Audio Tips : Pilih Speaker Fullrange Ideal

full-rangeSpeaker fullrange (wide band driver) tidak hanya cocok untuk kontes saja, namun juga cocok untuk tuning harian yang membebaskan pilar A dari besarnya box menumpuknya sistem speaker, sehingga tidak akan mengganggu pandangan saat digunakan.

 

Buat SO’mers yang sedang tertarik dengan speaker model fullrange bisa memahami artikel yang satu ini. Menurut Ricky dari rumah audio Revealing Sound, di kawasan Tangerang, memilih fullrange bisa berdasarkan dimensi, bahan, besarnya box.

Soal dimensi, lanjut Ricky, akibat terbatasnya space di mobil maka biasanya ukuran yang lazim digunakan antara 2″-4″. “Ukuran tersebut bisa dibilang masih aman dan tidak menghalangin pandangan pengemudi, pasalnya hal ini amat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara,” tukas Ricky.

Sedangkan mengenai besarnya volume yang dibutuhkan, kata pria murah senyum ini, hal tersebut penting, karena rata-rata driver fullrange untuk membutuhkan volume box diatas 1 liter. Sehingga penempatannya di kebanyakan mobil menjadi mustahil alias tidak aman.

“Akan lebih baik apabila, driver tersebut dapat bekerja secara maksimal dengan ukuran volume dibawah 1liter, idealnya +/-250ml-500ml,” kata Ricky.

Kualitas Material
Perhatikan bahan atau material, untuk pemilihan bahan turut berpengaruh terhadap ketahanan driver di dalam mobil. Karena perubahan suhu di dalam mobil bisa dibilang cukup extreme, dari panas yang tinggi bila terjemur, lembab di musim hujan dan pada malam hari. Di tambah penggunaan AC, sehingga ketahanan bahan konusnya menjadi penting.

Bahan dari kertas yang tidak di-treatment khusus biasanya paling cepet mengalami penurunan ketahanan, sehingga menjadi mudah robek dan tidak rigid.

Sedangkan treated paper biasanya cukup tahan terhadap perubahan suhu. “Bahan metal seperti alumunium, titanium, bahan plastic seperti polypropylene, bahan kevlar, bahan carbon fiber merupakan bahan yang bagus untuk penggunanaan di dalam mobil karena tahan terhadap perubahan cuaca extreme tersebut,” katya pria yang sempat tinggal di negeri Kangguru.

Range Frequency
Rentang frequency fullrange itu idealnya 20hz – 20khz. “Akibat keterbatasan size maka biasanya di mobil rentang frequency yang dapat dicapai rata-rata +/- 200hz hingga 20khz. Dimana driver tersebut bermain dikisaran 200hz-8khz,” ungkap Ricky.

Di Indonesia, penggunaan fullrange di kendaraaan awalnya mulai umum digunakan kalau tidak salah tahun 2005 dengan masuknya driver fullrange. Pada waktu itu mungkin faktor harga dan reliabilitas dari driver tersebut berkendala dari sistem pendingin voicecoil dengan cairan ferrofluid yang suka bocor. Yang membuatnya kurang begitu booming.

Saat ini dengan banyaknya pilihan driver fullrange yang baik dan harga yang lebih rendah, bisa dibilang fullrange sudah mulai umum digunakan karena keunggulannya dapat membawakan frekuensi nada yang lengkap dan juga efek suara lebih koheren, karena penggunaan satu driver yang dapat membawakan hampir semua spektrum frekuensi. Penggunaan midbass digunakan untuk membantu nada rendahnya.
Baca Selengkapnya: Audio Tips : Pilih Speaker Fullrange Ideal | Audio Tips http://www.situsotomotif.com/audio-mobil/audio-tips/audio-tips-pilih-speaker-fullrange-ideal#ixzz1n4vCGzrq

About 3 Satria Pujangga

Hidup adalah suatu perjuangan
This entry was posted in TIP & TRIK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s