Pilih Subwoofer pasif atau aktif ?

Subwoofer pasif atau aktif ?

Pada sebuah sistem audio di mobil, untuk menghasilkan suara yang benar harus dapat mengeluarkan frekuensi high, middle dan low dengan porsi yang seimbang, jika tidak..maka suara tidak akan nyaman untuk didengarkan. Agar sistem mampu mendapatkan suara low frekuensi atau suara bass maka dibutuhkan adanya subwoofer.

Dipasaran ada dua jenis subwoofer, yaitu yang pasif dan aktif dan umumnya sebuah subwoofer memiliki kemampuan mengeluarkan frekuensi suara rendah pada rentang 20Hz-200Hz. Namun tiap pabrikan yang membuat subwoofer juga memproduksinya dengan spesifikasi dan desain yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk dapat memilih subwoofer yang tepat dan berkualitas dibutuhkan beberapa cara untuk mengetahuinya.

Subwoofer Pasif (Biasa)
Subwoofer pasif itu adalah sebuah subwoofer yang memerlukan sebuah amplifier terpisah untuk dapat membuatnya berfungsi, jadi subwoofer pasif itu hanyalah berupa produk subwoofernya saja tanpa ada amplifier dan box.

Menurut instalatur dari Mega Audio yang akrab dipanggil Ko Johny yang memiliki workshop di Ruko Green Garden blok A 14 No.50, kawasan Kedoya, Jakarta Barat ini, dalam memilih subwoofer pasif (biasa) harus melihat beberapa hal terlebih dahulu, yaitu :

1. Sesuaikan dengan kebutuhan, maksudnya disini adalah seperti jika konsep audio yang dipilih adalah lebih kearah sound quality (SQ), maka subwoofer yang diperlukan harus yang bisa mengeluarkan gebukan bass yang soft dan biasanya cukup dengan satu subwoofer yang berukuran 10” atau 12” yang spesifikasinya sesuai, sedangkan jika lebih untuk kearah konsep Sound Pressure Level (SPL) murni maka dibutuhkan lebih dari sebuah subwoofer yang berdaya besar, umumnya yang berukuran 12” agar hentakan low frekuensi yang didapat lebih maksimal hingga menghasilkan nilai desible yang tinggi.
2. Perhatikan nilai frekuensi response (Fs). Semakin rendah nilainya berarti semakin bagus kualitasnya subwoofer tersebut dalam mereproduksi suara bass.
3. Nilai sensitivity yang angka desiblenya semakin tinggi maka response subwoofer terhadap suara juga akan semakin baik
4. Sesuaikan juga dengan kemampuan amplifier yang akan digunakan untuk men-drive subwoofer yang telah dimiliki. Kemampuan amplifer dengan subwoofer harus seimbang, jangan sampai daya subwoofer lebih besar dari kemampuan amplifiernya. Jika terjadi maka subwoofer tidak akan maksimal saat mereproduksi suara bass.

Subwoofer Aktif
Subwoofer aktif (Sub Aktif) adalah sebuah subwoofer yang sudah dilengkapi box serta amplifier, dan saat ini sub aktif banyak modelnya, ada yang berbentuk tabung, box kotak dan yang tipis. Dari keseluruhannya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih ataupun saat ingin menggunakan sub aktif seperti ini, yaitu :

1. Subwoofer aktif dengan ukuran diameter besar dan box besar lebih bisa mengeluarkan gebukan bass yang lebih baik dibanding sub aktif yang berukuran tipis dan kecil yang bisa diletakkan dibawah jok mobil. Namun untuk efisiensi tempat, sebaiknya memilih sub aktif yang tipis sehingga bisa diletakkan dibawah jok, jenis seperti ini juga sudah cukup baik kualitasnya untuk harian dan saat ini peminatnya sudah sangat banyak karena desainnya simpel.
2. Pilih sub aktif yang daya outputnya besar jika menginginkan suara bass yang lebih kuat.
3. Penempatannya (Placement) di dalam mobil juga harus tepat karena jika tidak, suara bass bisa-bisa tidak terdengar fokus hingga ke depan, karena biasanya amplifier bawaan dari sub aktif memiliki daya amplifier yang tidak terlalu besar dan fitur yang masih minim.

Jadi bisa dibilang subwoofer aktif lebih sesuai untuk orang yang hanya lebih prioritas pada kemudahan instalasi dan placement di mobil dibandingkan kualitas suara, sedangkan subwoofer pasif sangat cocok buat orang yang memprioritaskan sebuah kualitas suara bass (low frekuensi).

Dalam memilih subwoofer, apapun jenisnya sebaiknya mencari informasi lebih tentang kualitas subwoofer dari beberapa orang atau teman yang telah berpengalaman dalam bidang audio mobil, seperti instalatur audio. Karena kualitas suara juga tidak bisa ditentukan sepenuhnya melalui spesifikasi teknis pada subwoofer, soal selera juga sangat berpengaruh, oleh sebab itu mendengarkan kualitas suaranya secara langsung akan lebih baik.

Baca Selengkapnya: Pilih Subwoofer pasif atau aktif ? | Audio Tips http://www.situsotomotif.com/audio-mobil/audio-tips/pilih-subwoofer-pasif-atau-aktif#ixzz1n4ouBtMo

About these ads

About 3 Satria Pujangga

Hidup adalah suatu perjuangan
This entry was posted in Info. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s